Penyakit yang umum menyerang Kenari

penyakit yang umum menyerang kenari

Memelihara burung kenari tidaklah sulit. Lebih cenderung mudah dibanding burung. Apa aja sih penyebab burung peliharaan menjadi mudah sakit-sakitan? Setelah kicau lover tahu dan bisa melakukan antisipasi.


1. Penyakit pernafasan

Virus CRD dan bakteri adalah hal umum yang menjadi penyebab penyakit ini. Apabila dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan kematian. Burung terjangkiti masalah pernafasan lakukanlah pemisihan. Jika melakukan kontak antar burung dapat menyebabkan penularan.

Apabila Kenari anda memilik tanda seperti membuka paruh untuk bernafas, ada semacam lendir/ingus dan terlihat lemas dan lesu. Segeralah pisah dari kawasan lain. Dan berikan obat .

penyakit yang umum menyerang kenari

2. Diare atau Mencret

Burung yang keracunan makanan bisa menyebabkan mencret. Melihat dari kotorannya yang cair dan tidak begitu busuk baunya.

Penyakit Yang Umum Menyerang Kenari

saluran pencernaan yang terinfeksi oleh bakteri. Tandanya ialah melihat kotoran burung cair, berbau busuk, burung menjadi pasif dan kehilangan nafsu makan.

Mencerahkan Bulu Burung Kenari
Kenari Loper Cepat Gacor Dengan Cara Ini
Manfaat Biji Oat/Haver Untuk Lovebird dan Kenari

3. Penyakit Berak Kapur (salmonela Pullorum)

Penyakit yang tergolong menular dan berbahaya. Menyerang pada sistem pernafasan. Penyebabnya oleh virus dan bakteri Salmonella pullorum. Gejala dari penyakit ini ialah. kotoran cair dan memiliki warna putih.

4. Kutu Burung

Penyakit yang umum menyerang Kenari ialah Kutu Burung. Dan paling banyak terjadi pada burung Kenari betina yang mengeram. Hal yang mengakibatkan ini adalah kandang yang kotor dan lembab. Gejala yang timbul akibat kutu ini adalah burung terlihat gelisah, sering mematuk bulu-bulunya dan bulu rontok serta kicauan Burung Kenari menjadi lemah

5. Penyakit Snot

Virus Hemophilium merupakan salah satu yang mengakibatkan penyakit snot. Yang menyerang wajah dan mengakibatkan pembangkakan di sekitar wajah. Seperti pada wajah, hidung dan mata. Gejala lain mengakibatkan seperti mata bengkak, hidung berair dan nafsu makan berkurang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *