Melatih Merpati Balap Yang Mudah Dipraktekan

Melatih Merpati Balap Yang Mudah Dipraktekan – Merpati bukan untuk burung kicauan, karena kicauan dari burung merpati memang kurang menarik. Sehingga burung merpati dirawat dan dicetak menjadi jenis burung balap. Burung merpati balap yang dikejar adalah kecepatan serta sprint.

Baca Juga :
1. Tangkringan untuk burung
2. Semangka bagi cucak hijau
3. Nektar bagi burung
4. Perkutut katuragan dan mitosnya
5. Dapatkan pakan viral disini

Burung merpati jika sudah mengenal rumahnya maka ketika dilepaskan pun akan kembali ke rumahnya atau ke sangkarnya. Tidak jarang pemilik burung merpati ini dibuat emosi karena genteng dari rumahnya bergeser dan berjatuhan karena tingkah merpati yang aktif.

Melatih Merpati Balap Yang Mudah Dipraktekan

  1. Burung harus giring : proses giring ini adalah antara burung merpati betina dan jantan. Jika ingin proses yang cepat, maka bisa menggunakan jamu yang bisa di beli di toko burung.
  2. Setelah muncul tanda-tanda giring keket perdana, burung Merpati Balap jantan dilepaskan dari kandang dan biarkan berkeliaran di sekitar kandang Merpati betina.
  3. Burung Merpati jantan sebaiknya dilepas pada pukul 09.00-11.00 karena sinar matahari masih terasa hangat. Oh iya, cuaca hangat dapat mempercepat proses giring keket pada burung Merpati.
  4. Agar cemburu, burung Merpati betina didekatkan dengan Merpati jantan lain.
  5. Biar Merpati jantan semakin birahi, kepakkan sayap Merpati betina berulang kali. Anda bisa melakukan hal ini selama 5 hari dengan frekuensi 4 kali sehari. Selain mengepakkan sayap, Anda juga bisa mengembangkan sayap Merpati betina dan dekatkan ketiak betina ke atas kepala Merpati jantan.
  6. Apabila Merpati jantan sudah mulai suka mendekati Merpati betina, maka pindahkan Merpati betina ke lokasi lain agar Merpati jantan mengejarnya.
  7. Jika kurang giring keket, maka masukkan Merpati betina ke kandang pelepas bertingkat. Merpati betina ditaruh di bagian bawah, sementara pejantan lain diletakkan di kandang atas. Biarkan seperti ini sampai Merpati jantan agresif mendekati Merpati betina.
  8. Jika birahi sudah memuncak dan terjalin ikatan yang erat, maka coba pisahkan Merpati betina dan Merpati jantan dengan jarak 10 meter. Tambah terus jaraknya dengan kelipatan 10 meter sebagai latihan.

Melatih Merpati Balap Yang Mudah Dipraktekan

  1. Lama kelamaan, hubungan cinta pasangan Merpati Anda akan semakin erat. Begitu dilepas, Merpati jantan bisa langsung mendekati Merpati betina. Kalau sudah begini, mulai ganti lokasi ke tempat yang lebih luas, seperti sawah atau lapangan. Intinya cari lokasi lapang yang tidak ada tidak ada pepohonan agar Merpati Balap bisa terbang rendah melesat cepat menuju Merpati betina.
  2. Kalau bisa pilih sawah yang tanamannya datar seperti padi agar Merpati Balap bisa terbang rendah. Kalau sawah yang tidak ditanami biasanya Merpati akan terbang bergelombang naik turun sehingga mengurangi kecepatannya.
  3. Saat Merpati Balap latihan di area luas seperti sawah dan lapangan, sebaiknya dilakukan pada pukul 08.00-09.00 (Merpati bakalan) sedangkan Merpati dewasa dilatih antara pukul 15.00-17.00.
  4. Untuk melatih Merpati Balap terbang cepat, maka biasakan dia terbang rendah. Caranya, joki Merpati harus sering melakukan teknik keplek dengan posisi jongkok.
  5. Cara memegang Merpati harus benar. Walaupun sepele hal ini bisa mempengaruhi kecepatan dan arah terbang Merpati Balap. Di samping itu, cara menangkap Merpati juga harus benar biar tidak didiskualifikasi saat lomba.
  6. Burung Merpati Balap harus dicarikan partner terbang yang seimbang. Sebab, kalau terbang sendiri, burung Merpati Balap tidak bisa mengeluarkan performanya secara maksimal. Kalau ada musuhnya, Merpati Balap akan terpancing untuk terbang melaju dan melesat lebih cepat.
  7. Burung Merpati Balap harus memiliki nama panggilan agar saat dipanggil saat latihan, burung Merpati bisa langsung menghampirinya.
  8. Jangan lupa memakai pakaian atau seragam yang sama saat latihan atau lomba. Tujuannya, agar burung Merpati Balap lebih mudah mengenali lokasi pasangannya. Oleh karena itu, tim atau joki harus menggunakan seragam yang sama dan jangan digonta-ganti.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *