Tips Ternak Burung Lovebird Yang Wajib Diketahui

Tips Ternak Burung Lovebird Yang Wajib Diketahui – Burung memang binatang yang paling disukai laki-laki untuk dipelihara, apalagi untuk lovebird. Ini merupakan jenis burung dengan bulu indah berwarna-warni dan memiliki bentuk burung yang unik. Memang Anda awalnya hanya pemula yang tahu burung dari luarnya saja, namun setelah memelihara lovebird.

Maka akan tahu, bagaimana cara makan, menghindari burung mengalami stres dan menghasilkan burung berkualitas bagus dengan nilai jual tinggi. Apalagi jika bisa memelihara dengan menetaskan telur sendiri, hasilnya tentu lebih bagus.

Baca Juga :
1. Mencegah corona pada burung
2. Nyilet pada burung
3. Manfaat madu bagi burung
4. Cara meloloh anakan burung
5. Mitos Perkutut

Itulah kenapa, kini kolektor burung mulai mengembangkan cara ternak burung lovebird agar menghasilkan burung yang lebih bagus bahkan belum ada sebelumnya. Ini akan jadi hal langka sehingga nilai jual semakin tinggi, bukan hanya menghasilkan burung dengan bulu indah namun juga ukurannya mempengaruhi harga.

Tips Ternak Burung Lovebird Yang Wajib Diketahui

Jika ingin mendapatkan anakan lovebird yang lebih unggul, maka harus tahu cara beternak lovebird lengkap. Dimulai dari pemilihan kandang untuk perkawinan, gunakan ukuran sedang. Banyak peternak menggunakan kandang dengan ukuran 60 x 44 x 40 sentimeter dan menempatkan satu kandang dalam bentuk box home.

Ini ukuran ideal untuk sepasang lovebird kawin hingga bertelur, tenang saja bagi pemula ada banyak model kandang perkawinan ini di toko burung. Tinggal sebutkan saja untuk perkawinan lovebird, ada beberapa ukuran. Ini tergantung berapa banyak lovebird yang akan dikawinkan, tetapi idealnya dalam satu kandang hanya ada sepasang lovebird saja.

Perhatikan umur indukan, untuk hasil yang bagus minimal lovebird berumur 7 hingga 8 bulan. Bagi jantan, idealnya lebih muda dari betina. Misalkan jantan lovebird 8 bulan, maka pilih betina 9 bulan. Perkawinan lovebird yang baik, memang sebaiknya pilih umur yang lebih dewasa karena hasilnya lebih bagus.

Rahasianya ada pada penambahan lampu spektrum yang berfungsi seperti matahari, ini akan menjaga keseimbangan suhu dalam kandang. Tidak terlalu panas, cukup tambahkan lampu yang bisa memberikan suhu warna 20 celsius (5500 Kelvin). Namun jangan terlalu sering, istirahatkan burung 10 jam setiap harinya.

Memancing lovebird segera kawin dan bertelur, tempatkan jantan atau betina lainnya. Ini akan memicu gairah kawin lebih cepat dan menghasilkan telur berkualitas. Tempatkan pasangan yang berlawanan sehingga burung akan lebih cepat gairah dan pilih indukan yang agresif.

Sumber : https://hargaburung.id/

https://hargaburung.id/cara-ternak-lovebird/#Cara_Ternak_Lovebird_yang_Benar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *