Cara Meloloh Yang Baik & Benar

Cara Meloloh Yang Baik & Benar – Sebagai peternak lovebird, Anda harus mengetahui cara meloloh anakan lovebird dengan baik supaya tidak membuat mereka cedera. Anakan berumur kurang dari 15 hari biasanya fisiknya rapuh dan belum sempurna, sehingga mudah cedera.Terutama pada mulut dan leher.

Meloloh dilakukan dengan memberikan pakan kepada anakan dengan tangan. Cara ini harus dilakukan oleh peternak ketika induknya tidak dapat memberi makan anaknya. Agar anakan lovebird terus bertahan hidup, tanggung jawab Anda ialah memberi makan mereka.

Baca Juga:
1. Ciri kacer fighter
2. Pakan Kenceng buat lovebird
3. Investasi burung? Berani!!!
4. Breeding kenari dengan pakan ini
5. Pakan perkutut gacor

Di habitat asli, semua jenis lovebird  akan memberi makan anaknya sejurus mereka menetas. Akan tetapi, di penangkaran situasinya berbeda. Induk bisa saja tidak mau memberi pakan karena stres akibat sangkar terlalu sering dibuka.

Cara Meloloh Yang Baik & Benar

Meloloh termasuk cara merawat lovebird yang cukup sulit. Sebelum mengetahui cara meloloh anakan lovebird yang benar, persiapkan peralatan terlebih dahulu yaitu:

  • Spet/spuit suntikan atau botol dengan tutup kerucut yang dapat dimodifikasi, seperti botol cuka.
  • Karet angin atau pentil sepeda untuk membantu menyalurkan makanan dari spet ke mulut anakan.
  • Sendok kecil untuk mengaduk makanan.
  • Termometer
  • Wadah pakan.
  • Tisu atau kain untuk alas atau membersihkan pakan yang tumpah.
  • Inkubator

1. Membuat Adonan Pakan

Pemberian pakan yang tepat dapat menjadikan warna lovebird menarik. Komposisi makanan yaitu 2 bungkus bubur bayi beras merah ukuran 120 gram, 1 bungkus bubur bayi kacang hijau 120 gram, dan 1 bungkus pakan burung fancy rumput laut 450 gram.

2. Atur Jadwal Pemberian Makan

Buatlah jadwal pemberian pakan lovebird pada pagi, siang, dan sore. Usahakan memberikan pakan pada jam yang sama setiap sesi agar cepat besar. Umumnya makanan akan bertahan di dalam tembolok burung selama 4 hingga 5 jam.

3. Gunakan Alat yang Aman

Alat seperti spet suntikan dan karet angin cukup aman untuk meloloh anakan lovebird.Isi spet dengan bubur adonan.Biasanya seekor burung dapat menghabiskan 2 hingga 3 spet suntikan pada satu sesi makan.

Pilih spet atau spuit dengan volume 50 atau 100 ml, cabut jarumnya, ganti dengan karet angin atau pentil sepeda. Selain spet, Anda dapat menggunakan botol cuka yang ujungnya dimodifikasi sehingga tidak terlalu runcing.

4. Tempatkan Lovebird di Dalam Inkubator

Setelah spet suntikan diisi dengan adonan pakan, siapkan inkubator. Usahakan suhu inkubator berada pada kisaran 32 hingga 35 derajat Celcius, dengan kelembapan 70% hingga 85%. Gunakan termometer untuk mengecek suhu inkubator.

Jika paruh anakan lovebird paud sudah sedikit membuka, gunakan tangan dan tisu untuk membukanya lebih lebar. Masukkan makanan dengan spet perlahan-lahan hingga isi di dalamnya habis.

Ketika menyuapkan adonan, pegang kepala anakan dengan ibu jari dan telunjuk dengan lembut, sodorkan ujung karet ke paruh. Jika anakan sudah mulai memasukkan karet ke dalam kerongkongan, ikuti gerakan tersebut sambil mendorong adonan perlahan.

Selesai memberikan pakan, cuci spet hingga bersih, dan keringkan sebelum digunakan kembali. Pastikan Anda menjaga higienitas perlengkapan meloloh.

Cara memberikan pakan dengan spet tidak boleh sembarangan. Jika tidak, akan menyebabkan tersedak dan cedera. Selain menggunakan spet, Anda juga dapat meloloh dengan sendok. Namun, akan memakan waktu lebih lama hingga anakan kenyang.

Solusinya, gunakan spet dengan hati-hati. Masukkan ujung spet ke dalam kerongkongan, kemudian tekan perlahan. Jika Anda menggunakan spet dengan karet pendek, masukkan spet dari sebelah kiri paruh.

Setelah masuk, tekan pelan-pelan hingga adonan bubur pakan masuk ke dalam kerongkongan dan langsung ke dalam tembolok.

Sumber : Hamparan.net

https://hamparan.net/cara-meloloh-anakan-lovebird/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *