Cara Mengobati Nyilet Pada Burung Kicau

Cara Mengobati Nyilet Pada Burung Kicau – Tiga artikel sebelumnya telah mengupas tentang apa saja penyebab penyakit cacingan, gejala cacingan hingga jenis cacing apa saja yang bisa menjangkiti tubuh burung kicau mania semua. Dan tentunya dampak dari nyilet ini memang sangat luar biasa karena bisa membuat burung menjadi lesu hingga kematian.

Diperlukan langkah yang tepat dalam menangani penyakit nyilet ini. Dengan harapan cacing dalam tubuh burung bisa keluar dan burung bisa kembali ke kondiisnya yang prima dan sehat kembali. Dalam prakteknya ada beberapa kicau mania yang telah menggunakan obat-obatan yang khusus untuk penyakit cacingan dan hasilnya cacing-cacing tersebut keluar dalam bentuk layaknya cacing.

Ada pula yang keluar dalam bentuk kotoran burung karena obat yang digunakan telah membunuh dan merubah cacing tersebut ke dalam bentuk kotoran burung. Tentunya ketika burung telah mengeluarkan cacing-cacing tersebut dalam tubuhnya, maka burung akan kembali ke dalam kondisi primanya.

Baca Juga :
1. Penyebab cacingan pada burung
2. Gejala nyilet pada burung
3. Jenis cacing yang sering menyerang burung
4. Mengatasi snot
5. Pakan Burung Viral Bird Food Indonesia

Cara Mengobati Nyilet Pada Burung Kicau

Sedangkan jika burung masih belum kunjung menunjukkan perubahan, kicau mania semua bisa menggunakan obat lainnya sesuai dengan takaran bagi burung. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menyembuhkan penyakit nyilet atau cacingan ini. Cara-cara dibawah ini bersumber dari berbagai artikel yang ada di internet.

  1. Obat Alami
    Obat alami atau obat tradisional memang cara paling sederhana, murah dan tidak menimbulkan efek samping dalam bentuk apapun. Karena memang bahan-bahannya berasal dari alam dan cara pengolahannya pun tidak menggunakan bahan berbahaya dalam bentuk apapun.

    Bahan-bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi nyilet ini seperti kulit mangga, wortel, biji lamtaro, krokot, kelapa, dan lainnya. Cara mengolahnya pun cukup mudah yaitu dengan merebus salah satu daun-daun tersebut dan memberikan sisa air rebusan tersebut kepada burung yang terjangkit penyakit nyilet atau cacingan ini.
  2. Obat Cacing Khusus Burung
    Di lapangan ada banyak sekali jenis obat cacing bagi burung dan kicau mania bisa membelinya. Cara penggunaannya pun biasanya ada di kemasan setiap obat tersebut. Perhatikan dosisnya agar tidak menimbulkan efek over dosis.
  3. Combatrin
    Salah satu obat cacing manusia yang dapat digunakan burung tetapi dengan dosis yang pas. Yaitu boleh dengan memotong combatrin sebesar biji kacang hijau dan berikan kepada burung selama tiga hari berturut-turut. Setelah itu lihat kotoran dan karakter burung apakah mengalami perubahan atau tidak

Nah artikel ini adalah artikel terakhir yang membahas tentang penyakit nyilet atau cacingan pada burung. Semoga bermanfaat dan jangan lupa jaga kebersihan kandang setiap burung kicau mania semua.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *