Persiapan Sebelum Gantangan Yang Wajib Diketahui

Persiapan Sebelum Gantangan Yang Wajib Diketahui – Sekarang banyak sekali lomba burung yang hampir ada di setiap kota di Indonesia. Beragam harga dan hadiah yang di dapatkan pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para kicau mania. Namun pada umumnya, setiap event atau lomba burung ini berhadiah berupa sejumlah nominal uang dan piagam.

Seperti yang di ketahui bahwa jika burung sudah banyak menjuarai event atau lomba burung maka harganya pun akan jauh lebih tinggi dari lainnya. Tetapi kicau mania pun harus memperhatikan beberapa persiapan yang wajib dilakukan sebelum mengikuti lomba burung. Karena jika asal mengikuti dan abai beberapa hal ini bisa menyebabkan terlalu sering kondangan dan tidak menghasilkan apapun.

Baca Juga :
1. Viral Bird Food di Bukalapak
2. Manfaat Canary Seed
3. Pakan Kenceng Untuk Lovebird

Persiapan Sebelum Gantangan Yang Wajib Diketahui

Sebelum mengikuti gantangan, kicau mania wajib memperhatikan settingan yang dilakukan sejak jauh-jauh hari. Apakah sudah sesuai dengan karakter burung atau belum karena jika salah settingan bisa menyebabkan kerugian seperti materi dan waktu. Karena merawat burung terbilang mudah tetapi sulit.

Nah berikut ini adalah beberapa hal yang wajib di ketahui sebelum naik ke gantangan

  1. Jemur Burung
    Yang wajib diketahui sebelum naik ke gantangan adalah porsi penjemuran yang dikurangi. Jika burung biasanya di jemur selama 60 menit maka boleh di kurangi lagi menjadi 15 menit saja sudah cukup. Pengurangan porsi penjemuran ini bertujuan agar burung bisa beristirahat untuk mempersiapkan diri serta mental yang cukup.
  2. Extra Food
    Tambah extra food yang disukai burung kicau mania semua. Jika burung menyukai jangkrik dengan porsi 3/3 maka bisa ditambah menjadi 5/5
  3. Full Kerodong
    Jika burung akan mengikuti lomba pada esok harinya, maka malam sebelumnya harus di kerodong full selama satu malam. Ini bertujuan agar burung menjadi lebih tenang, memiliki suhu tubuh yang hangat dan stamina pun akan menjadi lebih fit serta lebih maksimal.
  4. Birahi
    Birahi burung pun harus stabil.
  5. Pisahkan Burung Fighter
    Burung yang akan dijadikan gacoan untuk lomba esok hari wajib di karantina agar burung tidak berkicau terus menerus. Hal ini dapat berdampak bagi stamina burung. Karena jika burung terus berkicau maka dapat menyebabkan kelelahan dan stamina pun menjadi menurun.
  6. Buka Kerodong
    Buka kerondong saat di gantangan dan burung sudah terbiasa dengan suara burung lainnya. Jika dirasa burung sudah beradaptasi dengan baik maka dapat dibuka kerodongnya untuk memaksimalkan mental dari gacoan kicau mania.
  7. Bersihkan Sangkar
  8. Pemasteran
  9. Jamu
    Jamu disini sangat berperan sangat penting agar burung menjadi lebih berstamina dan bergairah serta suhu tubuhnya naik. Dan sanggup mengeluarkan isiannya secara maksimal.
Baca Juga : Mengatasi Burung Terlalu Jinak

Itu adalah beberapa hal yang wajib diketahui kicau mania semua agar tidak salah dalam melakukan strategi sebelum lomba. Karena banyak kasus burung jika dirumah gacor tetapi jadi diam saja ketika sudah dilapangan. Biasanya karena mental yang belum mapan atau bisa juga karena birahi yang berlebihan.

Tentunya ada juga kasus burung yang diam dirumah atau bahkan cuma ngeriwik dan di berikan masteran pun hanya bengong serta diam saja. Namun, ketika sudah dilapangan burung sanggup mengeluarkan isiannya secara maksimal. Kasus ini sering sekali di temui di lapangan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *