Mengatasi Burung Terlalu Gemuk, Tokceerrrr

Mengatasi Burung Terlalu Gemuk, Tokceerrrr – Nah seperti yang kita ketahui bersama bahwa berat badan yang ideal adalah keinginan semua manusia. Tidak tua pun tidak muda, seluruhnya menginginkan bentuk tubuh, berat tubuh yang ideal dan sesuai dengan tinggi badannya. Jangan sampai karena lemak yang menimbun membuat penampilan anda terganggu dan anda pun akhirnya tidak bisa merasa nyaman berada di tengah masyarakat.

Hal ini juga berlaku bagi burung. Jika seekor burung mengalami obesitas juga bisa mengganggu penampilan. Tidak hanya itu, burung pun akan lebih malas untuk bergerak atau lebih suka diem dan bengong saja. Selain itu burung pun menjadi malas untuk bunyi karena tidak memiliki stamina yang bagus. Burung juga akan lebih sering tidur serta akan terlihat seperti menggelembung.

Baca Juga :
1. Voer Tinggi Protein (18%)
2. Cara Ampuh Mengatasi Bulu Kusam
3. Manfaat Minyak Ikan Bagi Burung

Masalah -masalah burung memang sering sekali muncul karena beberapa faktor utama, salah satunya adalah kebersihan. Kebersihan ini tidak melulu soal kandang yang wajib di bersihkan setiap beberapa waktu sekali. Tetapi soal pakan, air minum dan wadah-wadahnya. Pemilik burung wajib menjaga seluruh kebersihan kandang dengan segala pernak-perniknya.

Di alam liar burung bebas terbang dan tidak terikat dalam sesuatu apapun. Maka dari itu, naluri bawaan burung memang bebas dan jika di dalam kandang akan mudah mengalami stress. Maka dari itu burung wajib diberikan perawatan spesial agar dapat merasakan nyaman dan buatlah semirip mungkin dengan habitat aslinya.

Mengatasi Burung Terlalu Gemuk, Tokceerrrr

Masalah yang sering timbul dari segi pakan adalah membuat burung terlalu gemuk. Sebenarnya pakan burung tidak terlalu berpengaruh pada burung tetapi karakter burung tersebut yang dapat membuat dirinya sendiri menjadi gemuk. Nah berikut ini kita dari info burung viral ingin membagikan beberapa cara gimana sih untuk menurunkan atau mengatasi obesitas pada burung.

  1. Kurangi EF
    Pemberian ekstra food yang tadinya dengan format 5/5 maka bisa dikurangi menjadi 3/3. Ini melatih burung untuk diet dan mengurangi makanannya.
  2. Kurangi Pakan
    Jika dengan EF sudah dikurangi maka, pakan pun perlu di kurangi. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan mengisi satu cepuk wadah makan secara penuh dan ketika sudah menjelang malam hari cepuk tersebut di ambil dan biarkan burung tersebut di dalam kandang. Cara ini pun berlaku untuk minuman
  3. Rutin Mandi
    Burung biasanya akan rajin bergerak ketika selesai mandi maka rajin-rajinlah memandikannya setiap pagi dan sore hari agar burung menjadi lebih aktif bergerak.
  4. Jemur
    Jika biasanya di jemur 1 jam maka naikkan menjadi 2 jam tetapi melihat situasi serta kondisi. Jika memungkinkan untuk 2 jam maka lakukan jika tidak maka setidaknya lebih dari 1 jam.
  5. Umbaran
    Kandangan umbaran dengan ukuran yang luas akan membuat burung lebih aktif untuk bergerak sehingga lemak-lemak yang ada dalam tubuhnya pun berkurang.
  6. Kurangi Ukuran Kandang
    Ternyata mengurangi ukuran kandang dan menambah tangkringan dapat membuat burung menjadi lebih aktif untuk bergerak sehingga makanan yang di makan dapat di cerna dengan baik.

6 cara untuk menurunkan berat badan si burung kesayangan yang redaksi kami himpun dari beberapa sumber yang ada di internet semoga bisa menjawab persoalan dan permasalahan dari kicau mania semua.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *