Mengatasi Burung Terlalu Jinak

Mengatasi Burung Murai Batu Terlalu Jinak – Pada kesempatan kali ini ngadimin bakal bahas tentang sesuatu yang umum banget menjadi pertanyaan kicau mania yang ada di seluruh Indonesia Tanah Air tercinta ini. Pertanyaan ini sering diajukan pada salah satu forum diskusi di facebook. Khususnya untuk grup diskusi tentang burung murai batu.

Dengan ekor yang menjuntai, dada cenderung coklat dan bulu hitam serta gradasi putih menjadi burung ini sangat istimewa. Burung Murai Batu sendiri memiliki harga yang relatif tinggi yaitu 2 hingga 5 juta tergantung dari keunggulan serta karakter burung murai tersebut.

Tidak hanya untuk kicauan, beberapa pelaku wirausaha pun menjadikan burung murai sebagai salah satu usaha baru seperti penangkaran serta pengembangbiakan burung murai.

Permasalahan pun mulai muncul karena biasanya burung atau hewan lain cenderung lebih jinak jika sudah dipelihara oleh satu orang sejak masih kecil. Parahnya, jika burung terlalu jinak maka untuk berkicau pun akan malas dan ogah-ogahan. Sehingga pemilik wajib mengumbar atau membiarkan karakter liar dari burung keluar.

Burung yang terlalu jinak wajib segera diatasi karena jika tidak, dia hanya akan bolak balik menunggu pakan tanpa berkicau, tentunya ini sangat tidak bagus bagi burung murai batu yang akan dijadikan sebagai fighter untuk lomba. Lalu gimana cara mengatasinya? Simak artikelnya deh!!

Baca Juga :
1. Manfaat Sarang Wallet Bagi Burung
2. Pakan Burung Viral Bird Food Indonesia
3. Mengatasi Telur Kosong Pada Burung
4. Beli Pakan Burung Viral? Klik Disini
5. Manfaat Air Hujan Bagi Burung

Mengatasi Burung Murai Batu Terlalu Jinak

Cara yang Pertama untuk mengatasi burung murai batu yang terlalu jinak adalah jangan terlalu lama dalam melolohnya. Hentikan meloloh jika burung sudah bisa makan sendiri.

Cara yang Kedua adalah dengan jangan terlalu sering melihat burung. Ternyata ini berpengaruh loh karena burung akan cenderung berketergantungan dengan pemiliknya.

Cara yang ketiga adalah dengan jangan terlalu dimanja. Berikan perawatan secara biasa-biasanya saja. Dan jangan berikan pakan seperti jangkring dari tangan anda langsung ke mulut burung atau menyuapi burung tersebut.

Cara yang keempat adalah dengan memberikan Pakan berprotein tinggi seperti Voer Viral Bird Food Indonesia dan full kerodong. Perlu diperhatikan juga, berikan ef secukupnya serta tidak usah buka tutup kerodong. Perawatannya hampir mirip dengan burung murai yang mabung.

Cara yang kelima adalah dengan jangan terlalu sering menggoda burung.

Itu dia beberapa cara untuk membuat burung murai batu yang terlalu jinak atau biasa disebut dengan murai sedang “ngebatman.” Karena memang bentuk sayap dan ekornya yang dibuka seperti ingin merangkul.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *