Mengatasi Kacer Giras Dengan Cara Ini

Mengatasi Kacer Giras Dengan Cara Ini – Ada banyak sekali jenis burung kicauan yang ada dilapangan. Di Indonesia terdapat banyak sekali spesies burung yang mudah ditemukan baik di alam bebas maupun di penangkaran. Karena dewasa ini, ternak burung menjadi salah satu bidang wirausaha yang jika ditekuni dapat membuahkan hasil yang menggiurkan.

Salah satu jenis burung kicauan yang sering dipelihara oleh kicau mania adalah burung kacer. Tidak hanya dipelihara, bahkan burung kacer ini memiliki nominasi sendiri di ajang event burung kicauan. Cara merawat, pakan hingga settingan sangat diperhatikan oleh pemilik burung kacer.

Semuanya berambisi agar gacoannya gacor dan menjadi pemenang dari berbagai event burung. Karena burung yang memiliki rekam jejak sering memenangkan perlombaan dapat memiliki harga yang dapat melambung tinggi. Selain karena cara merawat yang relatif mudah, kacer juga burung yang ramah dikantong.

Baca Juga :
1. Manfaat Air Hujan Bagi Burung
2. Atasi Mabung Tidak Tuntas Dengan Cara Ini
3. Manfaat Minyak Ikan Bagi Burung Kicau
4. Penjual Pakan Burung Viral
5. Pakan Burung Termurah di Jawa Tengah

Kacer sendiri termasuk kedalam burung yang relatif aktif dan agresif. Sering menjadi pertanyaan di forum diskusi bagaimana sih mengatasi kacer yang terlalu galak atau giras? Burung kacer yang terlalu giras biasanya sering menabrak-nabrakkan dirinya ke sanggar jika bertemu dengan lawannya.

Tentunya ini sangat disayangkan karena dapat melukai tubuh dari burung kacer dan kicauan pun tidak maksimal atau bahkan hanya diem dan mencari atau ingin mendekati lawannya. Lalu gimana cara mengatasinya? Simak deh!!!

Mengatasi Kacer Giras Dengan Cara Ini
  1. Rem Penggunaan Ekstra Food
    Burung kacer yang terlalu banyak birahi akan lebih galak dari biasanya sehingga mereka perlu di beri pasangan. Tetapi jika burung sudah menjadi breeding biasanya membutuhkan waktu untuk kembali berkicau. Maka boleh dikurangi penggunakan ekstra foodnya. Misal jika kacer kicau mania biasa makan jangkrik dan Voer Viral Bird Food dengan settingan 5/5 maka kurangi menjadi 2/3
  2. Beri Buah
    Buah memang memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia, tidak terkecuali dengan burung. Buah dapat digunakan sebagai selingan ekstra food yang baik. Buah yang dapat digunakan seperti pisang dan pepaya.
  3. Cacing Tanah
    Jika kacer anda terbiasa dengan jangkrik atau ulat hongkong maka cobalah memberikan cacing tanah kepada kacer kesayangan anda. Berikan dalam waktu beberapa hari saja.
  4. Banyak Mandi Kurangi Jemur
    Kacer yang mandi lebih sering maka birahinya secara otomatis akan turun dengan sendirinya. Rutinkan untuk mandi pagi setiap hari dan malam hari. Tetapi jika ingin mandi malam pastikan burung dalam keadaan sehat dan prima. Setelah mandi jemur 20 menitan saja sudah cukup.
  5. Embun, Kandang dan Karantina
    Pertama lakukan pengembunan kepada kacer. Karena selain baik untuk menurunkan birahi, cara ini juga cocok untuk mengatasi kacer yang stress.
    Kedua persempit kandang dari ukuran biasanya lalu gantung seukuran orang dewasa.
    Ketiga karantina burung dengan full kerodong. Jika kacer takut kepada manusia baiknya kerodong atasnya saja.
  6. Vitamin
    Pemberian vitamin bagi burung kicau sangat umum dilakukan agar burung selalu rapi, rajin, gacor dan sehat serta memiliki stamina yang stabil.

Nah itu dia beberapa tips dan trik untuk mengatasi kacer giras yang biasanya dilakukan oleh kicau mania. Tentunya pahami dulu kenapa burung giras.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *