Mengatasi Bulu Burung Yang Kusam

Mengatasi Bulu Burung Yang Kusam – Kusut, kering, kusam dan tidak mengkilat dapat menjadikan burung tidak enak untuk di pandang. Selain kicauannya burung juga dilihat dari keindahan bulunya warna-warni. Burung memang memiliki banyak sisi yang membuatnya menjadi semakin banyak diminati para kicau mania.

Nah apa jadinya jika bulu burung kusam, kering, dan kusut? Wah tenang aja kicau mania. Bulu yang kusut dikarenakan ketidakmampuan burung untuk memproduksi kelenjar minyak. Kelenjar minya tersebut berada di atas pantat burung. Solusi sederhananya adalah dengan cara memberikan minyak ikan kepada burung tersebut.

Minyak ikan memang dikenal banyak memiliki kandungan yang dapat dimanfaatkan oleh makhluk hidup, tidak hanya manusia burung pun dapat memanfaatkan minyak ikan untuk mempercantik dirinya, memperindah bulunya.

Mengatasi Bulu Burung Yang Kusam

Namun, perlu diketahui bahwa penyebab bulu burung kusam tidak hanya karena ketidakmampuan burung untuk memproduksi kelenjar minyak. Tetapi perlu diperhatikan juga bahwa burung tidak dapat membersihkan pantatnya sendiri ketika selesai buang air besar atau buang kotoran.

Burung harus selalu diperhatikan kebersihannya agar tidak menimbulkan penyakit seperti terjangkit virus tetelo, mencret dan lain sebagainya. Kebersihan kandang pun wajib diperhatikan agar burung tetap dalam kondisi prima dan siap fight kapan saja.

Baca Juga : Mabung Pada burung

Pemilik burung wajib memperhatikan tempat kelenjar minyak tersebut, apakah tertutup kotoran, bekas luka atau hal lain yang dapat menyumbat lalu mengering. Cara sederhana untuk memeriksa kelenjar minyak ini dapat dengan memegang burung dan pencet bagian atas pantat burung, tapi pelan saja lalu rasakan apakah ada minyak yang keluar atau tidak.

Jika ada, berarti memang itu masalah utama yang dialami burung. Jadi kicau mania tidak perlu khawatir soal hal itu. Tetapi jika burung tidak dapat memproduksi kelenjar maka pemilik wajib menyuntikkan minyak ikan ke dalam tubuh jangkrik yang menjadi ekstra food burung tersebut.

Selain ketidakmampuan burung untuk memproduksi kelenjar minyaknya sendiri, bulu yang kusam juga bisa terjadi karena beberapa hal berikut ini

  1. Burung langsung dijemur ketika basah
  2. Menggunakan anti kutu
  3. Mabung yang tidak terawat

Saat burung mabung, pemilik burung wajib memperhatikan asupan makanan, asupan gizi dan mineral. Tentunya dengan pemberian pakan burung serta ekstra food sebagai tambahan agar kebutuhan burung tercukupi. Pakan burung yang memiliki banyak sekali kandungan manfaatnya adalah Pakan Burung Viral Bird Food Indonesia. Pakan ini memiliki banyak sekali kandungan mineral, vitamin, protein yang berasal dari bahan baku berkualitas dengan proses yang terjaga sehingga nutrisi dari bahan baku tidak rusak.

Pakan burung viral ini dapat dengan mudah di jumpai di toko burung terdekat. Penjualan pakan burung ini sangat luas seperti di daerah Cirebon, Tasikmalaya, Bandung, Depok, Sampang, Surabaya, Mojokerto, Purwokerto, Purbalingga dan lain sebagainya. Di Tokopedia, Bukalapak dan Shopee pun tersedia dengan harga yang sangat bersaing.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *