Berikut Ini Cara Meningkatkan Birahi Kacer

Berikut Ini Cara Meningkatkan Birahi Kacer – Birahi pada seekor burung sangat diperlukan agar dapat berkembang biak, mempermudah proses peternakan dan perkawinan. Tetapi yang diperlukan adalah birahi harus tetap terkontrol, karena jika birahi berlebihan burung tidak akan bisa tenang dan akan nabrak-nabrak kandang. Bukannya berkembang biak, malah burung bisa terluka karena tubuhnya menabrak sangkar.

Kicauan kacer memang dikenal merdu dan enak untuk di dengarkan. Menjadi teman ngopi dipagi hari agar terasa seperti kembali ke alam. Atau diperuntukan untuk lomba. seperti mengikuti event burung yang banyak diselenggarakan di kota-kota seluruh Indonesia.

Jika seekor burung sudah sering menjuarai berbagai event burung, maka harganya akan sangat melejit dan tentunya ini menjadi mata pencaharian baru bagi para kicau mania yang ingin fokus menjadikan burung sebagai media mencari rejeki. Karena ini salah satu yang menjanjikan jika kicau mania bisa memanfaatkannya dengan baik.

Tetapi apa jadinya jika burung kacer minim birahi? tentunya burung akan lesu dan tidak bergairah. Maka diperlukan cara untuk meningkatkan birahi kacer.

Simak dan perhatikan cara meningkatkan birahi kacer berikut ini :

  1. Cara meningkatkan birahi kacer yang pertama adalah dengan menambah ekstra food. Ini adalah salah satu cara yang tokcer dan terbukti. Karena ekstra food memang dikenal mengandung banyak sekali protein yang dibutuhkan burung. Porsinya setidaknya dua kali lipat dari porsi sebelumnya. Misalnya JK 5/5 maka bisa di naikkan menjadi JK 7/7.
    Ekstra food yang sering digunakan adalah jangkrik, ulat hongkong dan lain sebagainya. Ekstra food tersebut mudah ditemui di berbagai pasar burung.
  2. Berjemur 30 menit lebih lama. Kacer memang dikenal memiliki dua tipe yaitu kacer panas dan kacer dingin. Dengan dijemur lebih lama, diharapkan burung bisa meningkatkan birahinya.
  3. PDKT. Ternyata PDKT sangat diperlukan untuk meningkatkan birahi kacer. Seperti mendekatkan kandang si jantan ke kandang si betina. Karena semakin dewasanya seekor kacer maka diperlukan penyaluran birahi yang tepat. Jika tidak tepat maka burung bisa mbagong atau diem dan tidak mau berkicau.

Kurang lebih seperti itu yang bisa dilakukan untuk meningkatkan birahi kacer. Cara-cara diatas diambil dari hasil membaca di internet dan pengalaman pribadi. Sehingga boleh kicau mania untuk mempraktekannya dirumah.

Selain dengan cara memperhatikan3 hal diatas. Pemilik kacer juga wajib memahami pola atau tingkah laku dari burung kesayangannya. Seperti pakan apa yang disukai dan extra food seperti apa yang menjadi kesukaannya sehingga burung tetap nyaman dan mau makan.

Biasanya burung kacer cenderung makan voer. Maka perhatikan voer yang dipilih agar bisa mendongkrak dan memberikan hasil yang maksimal bagi burung kesayangan kicau mania semuanya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *