Mengatasi Mata Snot Burung Kicau

Mengatasi Mata Snot Burung Kicau – Biasanya mata snot dapat terjadi karena tidak terjaganya kebersihan dari kandang maupun pakan yang kurang higienis. Mata snot pada burung bisa menyebabkan mata sulit dibuka, hal ini sama seperti mata manusia saat belekan karena akan mengeluarkan air mata yang memiliki sifat lengket.

Baca Juga : Beli Pakan Burung Di Tokopedia

Sehingga jika dibiarkan kering maka mata akan menjadi sulit dibuka dan dapat menyebabkan sensasi gatal atau perih yang luar biasa. Hal ini kurang lebih yang dialami oleh burung. Jika sudah terjadi mata snot, maka burung akan cenderung diam dan tidak banyak beraktivitas sehingga kicauannya pun akan menurun.

Faktor-faktor yang memicu mata snot :
  1. Asap : Asap ini berasal dari dapur, pembakaran, kendaraan, dan saat merebus air yang masuk ke dalam sangkar dan menyebabkan mata burung tidak nyaman, jika hal ini berlangsung secara terus menerus dapat mengakibatkan mata snot.
  2. Merokok : Pemilik burung sering merokok di dekat sangkar burung sehingga asap tersebut masuk ke dalam sangkar dan membuat mata burung terkontaminasi zat yang tidak cocok bagi mata burung yang disebabkan oleh asap rokok.
  3. Kebersihan : Selain wajib menjaga kebersihan kandang dan pakan, perhatikan juga disekitar kandang apakah ada debu, pasir atau partikel lain yang memungkinkan untuk terbang ke dalam sangkar dan membuat mata burung kelilipan.
  4. Pantulan Cahaya : Nah yang ini wajib di cek nih, apakah disekitar ada kaca, seng atau benda lain yang dapat memantulkan cahaya ke dalam kandang dan langsung mengenai mata burung kesayangan kicau mania semua.

Cara Mengatasi Mata Snot

Dari penjelasan 4 faktor yang sudah dijelaskan, maka yang pertama dilakukan untuk mengatasi mata snot pada burung adalah dengan memindahkan ke tempat lain yag lebih bersih, tidak ada pantulan cahaya serta terhindar dari asap-asap tersebut. Serta selalu memperhatikan hembusan angin agar mata burung tidak terkontaminasi dengan debu lagi.

Baca Juga : Penyebab Mata Snot Pada Burung

Gunakan baha herbal seperti bunga kitolot, daun pegagan serta ramuan herbal lainnya. Tentunya dengan cara yang herbal mengatasi mata snot pada burung jauh lebih murah dan tidak menimbulkan efek samping yang berlebihan. Ada juga obat-obatan yang tersebar di pasaran seperti spray untuk mata burung, sehingga cukup diarahkan saja ke mata burung tanpa memegang tubuhnya dan otomatis partikel dari semprotan tersebut akan menempel pada mata burung.

Dengan cara tersebut lebih efektif karena dapat meminimalisir penularan ke burung lain yang diakibatkan oleh kicau mania lupa mencuci tangan setelah merawat burung yang terkena snot tadi. Nah itu dia beberapa perawatan untuk mengatasi mana snot bagi burung kicau mania semuanya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *