Bentuk Paruh Serta Fungsinya Untuk Burung

Paruh burung ada banyak sekali bentuknya, ada yang khusus untuk memakan ikan, untuk memakan voer dan masih banyak yang lainnya. Sehingga kita harus memahami bagaimana bentuk paruh burung tersebut agar burung bisa makan sesuai dengan alam liarnya. Karena jika salah perawatan dapat berdampak bagi kesehatan burung.

Bentuk paruh yang berbagai macam itu menjadikan burung adalah salah satu hewan yang unik serta perlu perawatan khusus agar kesehatannya tetap terjaga. Paruh-paruh itulah yang digunakan burung untuk memakan sesuatu. Makanan tersebut dapat berguna bagi kesehatannya, tumbuh kembang serta berkembang biak.

Baca juga : Anti Stress bagi burung kicau

Burung yang ada di alam liar dibedakan menjadi beberapa jenis seperti burung pemakan biji-bijian, madu atau nektar, pemakan daging, bangkai dan ikan serta masih banyak jenis burung lainnya. Makanan tersebut sangat berkaitan dengan bentuk paruhnya.

Berikut ini jenis burung berdasarkan bentuk paruhnya

1. Burung Pipit

bentuk paruh burung
Burung Pipit

Paruh burung pipit cenderung pendek dan kuat, paruh ini memang diperuntukan bagi burung pemakan biji-bijian. Paruh tersebut dapat dengan mudah menghancurkan biji-bijian itu.
Selain burung pipit, burung pemakan biji-bijian lainnya seperti lovebird, kenari, perkutut, parkit, falk dan lain-lain. Bentuk paruh burung yang bengkok, pendek dan kuat.


2. Burung Elang

bentuk paruh burung
Burung Elang

Siapa sih yang tidak kenal dengan burung besar nan buas ini? Dengan paruh yang kuat, tajam serta melengkung sangat berguna bagi burung elang untuk mencabik-cabik mangsanya. Elang juga dikenal sebagai burung dengan daya cengkram yang sangat kuat. Dengan cengkraman yang kuat serta bentuk paruh burung elang yang kuat juga, sudah sangat cukup untuk mencabik-cabik mangsanya.


3. Bebek/Itik

bentuk paruh burung
Bebek

Bentuk paruh bebek atau itik memang sedikit berbeda dari jenis spesies burung Anatidae. Bebek adalah jenis burung akuatik yang ukurannya lebih kecil dari jenis burung Anatidae lainnya. Dengan paruh berbentuk seperti sudu itu sangat bermanfaat bagi bebek untuk mencari mangsa di tempat becek, berlumpur dan berair. Serta bentuk kaki yang berselaput sangat bermanfaat bagi bebek ketika mencari mangsa di dalam air agar bisa berenang dengan mudah.


4. Burung Pelatuk

bentuk paruh burung
Burung Pelatuk

Burung Pelatuk adalah salah satu jenis burung yang memiliki paruh berbentuk panjang, kuat serta runcing. Paruh tersebut untuk mencari mangsanya di dalam kulit pohon. Selain di kulit pohon biasanya mangsa burung pelatuk ada di dalam lubang pohon serta batang pohon yang sudah layu. Bentuk paruh burung pelatuk memang dirancang untuk melubangi burung sehingga harus runcing serta kuat.


5. Burung Kolibri

bentuk paruh burung
Burung Kolibri

Bentuk paruh burung kolibri sendiri runcing dan panjang. Burung ini biasanya memakan nektar dari tumbuhan atau bunga. Nektar adalah zat manis dalam bunga yang kaya akan kandungan gula.


6. Burung Pelikan

bentuk paruh burung
Burung Pelikan

Burung dengan bentuk paruh panjang, kuat dan berkantung ini adalah keluarga dari burung Pelecanidae. Jenis paruh ini sangat memudahkan burung pelikan untuk mencari mangsa di dalam air.

Kesimpulannya adalah apapun bentuk paruhnya, hewan adalah makhluk yang hidup dialam bebas. Jika berminat untuk memeliharanya, maka peliharalah dengan cara yang baik dan rawatlah sesuai dengan keadaannya dialam liar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *