Buah Sebagai Ekstra Food Burung Kicau

Buah memang dari dulu dikenal memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia. Kandungan gizi yang ada dalam setiap buah memang beragam. Tapi secara umum buah memiliki kandungan vitamin, mineral, zink yang secara keseluruhan sangat dibutuhkan manusia untuk menjaga kesehatannya. Buah juga dapat meredakan penyakit-penyakit dalam tubuh manusia. Misalnya buah kelapa, airnya dikenal untuk menyegarkan tubuh dan menghilangkan dehidrasi, menyuburkan rambut dan ada berbagai manfaat buah-buahan lainnya.

Selain memakan voer, biji-bijian, ekstra food, ternyata buah juga dibutuhkan untuk burung kicau. Tetapi tidak semua burung bisa memakan buah seperti cucak ijo saja yang sangat gemar memakan pisang, burung pleci yang memang dari spesiesnya memakan buah buahan.

Karena memang kandungan dalam buah yang tinggi dan ramah terhadap tubuh makhluk hidup, di era modern ini buah-buahan diekstrak dan diolah sedemikian rupa sehingga bisa berubah bentuk menjadi pil atau yang biasa kita kenal dengan vitamin. Walau dikemas dalam bentuk yang berbeda, kandungannya tetap sama dengan buah yang langsung dimakan. Tapi apa ya manfaat buah bagi burung kicauan? Berikut ini ngadimin bahas secara detail dan rinci.

Baca Juga :
1. Belanja Voer Untuk Burung Kicau >> DISINI
2. Manfaat Kelabang Bagi Burung Kicau
3. Lovebird “Ngantuk” Saat Gantang?
4. Menurunkan Birahi Dengan Daun Kemangi
5. Burung Gacor Dengan Terapi Sauna

Manfaat buah bagi burung kicauan
  1. Mengatasi Over Birahi
    Ternyata kandungan antioksidan dalam buah-buahan yang memang dikenal untuk menangkal radikal bebas bisa juga untuk mengatasi over birahi bagi burung kicau. Vitamin A, B, C, E, Magnesium, Kalium pun baik untuk menjaga kesehatan pencernaan serta pertumbuhan burung kicau. Buah yang biasanya digunakan adalah pepaya. Karena memang buah pepaya memiliki kandungan-kandungan diatas sehingga sering dimanfaatkan untuk extra food bagi burung kicau.
  2. Mencegah Dehidrasi
    Nah berikutnya manfaat buah bagi burung kicauan datang dari buah apel. Buah ini mengandung vitamin C, B6, dan B1 yang sangat kaya sehingga baik untuk mencegah dehidrasi bagi burung kicau.
  3. Meningkatkan Birahi dan Kekebalan Tubuh
    Masih datang dari buah apel, dengan kandungan yang dimilikinya sehingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh burung dan meningkatkan birahi. Dengan birahi yang tinggi namun masih dalam taraf normal, burung dapat berkicau dengan indah.
  4. Mempercantik Warna
    Nah burung yang biasanya dijual karena keindahan warnanya adalah lovebird nih. Siapa sih yang ngga kenal dengan burung mungil dengan warna-warni yang apik dipandang. Ternyata wortel dan tomat dapat mempercantik warna lovebird. Selain mempercantik warna, bulu pun akan menjadi lebih halus dan berkilau. Selain dari warna, lovebird pun memiliki kicauan atau ngekek dengan durasi mencapai lebih dari 3 menit. Wah hebat banget yah.
  5. Mencegah Stress dan Menghilangkan Mental Drop
    Dengan buah kelengkeng bisa mengatasi dua hal sekaligus. Rasa manis serta kesegaran yang membuat manusia menyukainya. Hal ini pun berlaku bagi burung kicau. Selain untuk mencegah dua hal tersebut, Kelengkeng juga bisa melancarkan pencernaan burung.
  6. Menetralisir Racun
    Karena mengandung vitamin C yang sangat tinggi, jeruk memang obat ampuh bagi burung yang keracunan. Selain itu juga untuk mengatasi burung yang suhu tubuhnya tinggi karena efek dijemur terlalu lama. Selain buahnya, kulit jeruk pun bisa digunakan untuk burung yang susah mabung.
  7. Lebih Tenang
    Timun sering digunakan sebagai alternatif bagi burung yang birahinya terlalu tinggi dan tidak tenang saat mengikuti perlombaan. Sehingga buah ini sering digunakan untuk menetralisir birahi burung kicau.

Sudah jelaskan ternyata ada banyak sekali manfaat buah bagi burung kicauan yang dapat diperoleh. Jadi bagaimana? Apakah akan menjadikan buah sebagai ekstra food selingan bagi burung kicau kesayangan? Selamat mencoba.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *