Hewan Ini Memiliki Manfaat Bagi Burung Kicau

Memasuki musim hujan laron dapat dengan mudah di temukan terutama di dekat cahaya. Tidak hanya di lampur rumah, laron ini sering datang di lampu jalan raya dengan jumlah yang banyak sekali. Parahnya, kehadirannya justru dapat membahayakan pengguna jalan lainnya. Karena ada yang kaget dengan adanya segerombolan laron ini. Pun ada yang jijik atau geli karena laron. Dan yang parahnya lagi, laron ini bisa membuat kecelakaan khususnya bagi sepeda motor karena tubuhnya yang kecil dan jika terinjak dapat mengeluarkan semacam lendir yang dapat membuat jalanan menjadi licin.

Dirumah-rumah, untuk mengusir laron cukup mudah yaitu dengan mematikan lampu. Entah kenapa laron senang sekali di dekat cahaya. Nah dari sedikit kekurangan dan kehadirannya yang terkesan “mengganggu,” teryata laron memiliki beberapa manfaat bagi burung kicau.

Laron bisa digunakan sebagai alternatif ekstra food bagi burung. Kenapa sih kok harus laron? Ternyata kandungan protein yang tinggi dalam tubuh laron bisa digunakan untuk burung kicau. Protein dalam tubuh laron ini lebih tinggi dari belalang. Sedangkan protein dalam tubuh burung kicauan digunakan agar tubuh burung memiliki gizi yang cukup serta birahi yang mumpuni untuk berkicau maupun berkembang biak.

Berikut ini manfaat laron bagi burung kicau
  1. Menjaga Stamina
    Tidak bisa dipungkiri bahwa burung membutuhkan stamina yang cukup untuk berkicau dan bertahan hidup. Jika staminanya turun tentu burung hanya akan diam dan tidak mau berkicau atau dengan kata lain burung akan menjadi lemas.
  2. Menjaga Daya Tahan Tubuh
    Virus dan bakteri akan selalu ada, karena kotoran burung merupakan sumber dari virus dan bakteri tersebut. Tentunya kebersihan adalah hal yang sangat perlu diperhatikan dalam memelihara tubuh. Burung yang memiliki daya tubuh kuat tentunya membutuhkan gizi serta protein yang tinggi.
  3. Ekstra Food
    Seperti halnya kroto dan jangkrik, laron juga digunakan untuk ekstra food atau makanan tambahan bagi burung kicau. Karena protein yang tinggi dan tidak kalah dengan ekstra food lain seperti kroto maupun jangkrik.
  4. Menambah Birahi
    Birahi muncul untuk mendongkrak burung agar bisa berkicau dan mampu berkembang biak. Sehingga dalam perawatannya burung harus senantiasa dibuat nyaman dengan kebutuhan gizinya serta pemilik burung harus memperhatikan birahi burung supaya kicauan yang dihasilkan pun lebih enak di dengarkan.
  5. Meningkatkan Frekuensi Kicau
    Kembali lagi seperti menambah birahi, lagi-lagi yang dibutuhkan adalah kandungan gizi dan protein. Karena laron mumpuni untuk hal tersebut sehingga sangat cocok untuk burung kicauan
  6. Mengatasi Stress
    Burung stress dapat diakibatkan banyak faktor. Mental down pun bisa menjadi salah satu penyebabnya. Ngga mau kan burung kesayangan kalah jago sama burung lainnya? Sehingga cukupilah kebutuhan dari burung kesayangan kicau mania semuanya.



    Baca Juga :
    1. 5 Artis Pemelihara Burung
    2. Penjual Voer Untuk Kacer
    3. Kandungan Voer Anti Stress
    4. Kandungan Voer Rumput Laut
    5. Manfaat Kelabang Bagi Burung Kicau

Cara Pemberian Laron Bagi Burung Kicau

Sekarang sudah tau kan apa manfaat laron bagi burung kicau? nah tentunya setelah mengetahui manfaatnya kicau mania semua pasti akan segera melakukan dan memberikan laron bagi burung kesayangan kan? TUNGGU DULU!!!
Ternyata ada cara penggunaannya. Yuk simak

  1. Pastikan laron mati, sayapnya dihilangkan, dan kepalanya dibuang
    Ini karena jika laron hidup maka burung akan susah memakannya. Selanjutnya jika sayap tidak dihilangkan maka yang terjadi burung bisa batuk dan serak karena kandungan yang terdapat dalam sayap laron memiliki zat yang lengket jika terkena air. Yang terakhir karena gigi dari laron tajam maka baiknya hilangkan saja bagian kepalanya. Gigi yang tajam itu ada karena sejatinya laron masih satu spesies dengan rayap.
  2. Berikan dalam jumlah kecil saja
  3. Berikan saat menjelang lomba dan ketika burung terlihat lesu
    Karena kandungan protein dalam laron tinggi sehingga dapat menyebabkan burung over birahi dan bulu burung menjadi rontok. Maka berikan pada momen-momen tertentu saja.

Sekian, semoga bermanfaat dan jangan lupa sabar serta bersyukur untuk alasan apapun.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *