Mengatasi Kacer Mbagong

Mengatasi Kacer Mbagong – Kacer adalah salah satu dari beberapa burung kicau yang ada di Indonesia. Kacer ini merupakan burung yang biasanya bisa di dapatkan secara bebas di pasar burung atau tempat lain yang masih berkaitan dengan burung. Bahkan orang-orang pun lebih memilih kacer karena memang perawatannya yang mudah pun harinya tidak terlalu tinggi untuk beberapa kalangan.

Kicauan yang dihasilkan dari seekor kacer pun tidak kalah dengan burung kicauan lainnya sehingga banyak orang rela merogoh koceknya untuk membeli seekor atau satu pasang kacer. Nama latin dari kacer ini adalah Copsyschus saularis. Namun dibalik keistimewaannya masih ada masalah yang cukup membuat kalang kabut pemilik kacer.

Salah satunya adalah mbagong. Yang jelas bukan tokoh wayang yang bernama bagong ya. Mbagong adalah kondisi dimana burung memiliki perilaku yang tidak biasa yang menyebabkan burung tidak enak di pandang. Sering kali yang dialami para kicau mania saat kacernya mbagong adalah mengembangkan bulu, mendongakkan kepala, menekuk ekor kebelakang serta mengeluarkan suara-suara yang tidak enak di dengar.

Lalu kenapa sih seekor kacer bisa mbagong? berikut kita ulas satu persatu cara mengatasi kacer mbagong

  1. Lawan Tangguh
    Seekor burung kacer jika sudah mendapatkan lawan yang tangguh dan mapan pastinya hasrat untuk bertarung tinggi. Tidka jauh berbeda dengan manusia. Jika kacer merasakan lawannya tangguh dan tidak bisa dikalahkan bisa menyebabkan mentalnya down yang dapat berakibat burung bisa mbagong.
  2. Tidak Sehat
    Mbagong sendiri bisa menjadi indikasi bahwa burung sedang tidak baik-baik saja atau sedang sakit. Sehingga perlu perhatian dan penanganan khusus.
  3. Perawatan
    Perawatan yang dilakukan jika tidak konsisten dapat menyebabkan kacer mbagong. Misalnya yang perlu dilakukan adalah rutin memandikan burung pada hari dan ritme yang sama.

Lalu gimana caranya supaya kacer tidak lagi mbagong dan bisa pulih seperti sebelumnya?

Simak deh nih cuss!!
  1. Sakit
    Mengatasi kacer mbagong yang pertama adalah dengan memeriksa kotoran burung, apakah berubah dan tidak seperti biasanya? Jika iya segera ambil penanganan. Jika kotoran encer artinya ada permasalahan di pencernaan burung. Jika penyakit seperti cacingan maka berikan obat cacing dan penanganan lain yang sesuai dan tepat bagi burung yang sedang dalam kondisi tidak sehat.
  2. Stress
    Mengatasi kacer mbagong yang pertama adalah dengan memeriksa kebersihan kandang yang tidak terjaga pun bisa menyebabkan burung menjadi stress. Hal ini jika pada burung kacer bisa berakibat mbagong tadi. Jadi kebersihan kandang memang harus dijaga ya kicau mania semua.
  3. Perubahan Pakan
    Mengatasi kacer mbagong yang pertama adalah dengan memeriksa perubahan pakan maka burung perlu beradaptasi ulang sehingga burung bisa tidak nafsu makan karena pakan burungnya tidak sesuai dengan seleranya.

    Baca Juga :
    Voer Untuk Kacer Mbagong
    Penjual Voer Tokopedia
    Menurunkan Birahi Burung Kicau
    5 Artis Pemelihara Burung
  4. Mandi
    Mengatasi kacer mbagong yang pertama adalah dengan Mandi. Memandikan kacer adalah hal yang diperlukan agar tidak terserang bakteri yang dapat menyebabkan penyakit bagi kacer.
  5. Pakan Tambahan
    Berikan ekstra food yang sesuai dengan burung sehingga kebutuhan protein dapat terpenuhi dan burung bisa kembali pulih dengan cepat.

Nah itu adalah beberapa cara untuk mengatasi kacer yang mbagong. Bisa diikuti dan semoga kacernya cepat pulih seperti kondisi sebelumnya. Tetap berusaha dan sabar ya kicau mania semua. Karena merawat burung harus dengan hati dan perasaan. Serta memahami karakter burung.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *