Menurunkan Birahi Burung Dengan Daun Kemangi

Menurunkan birahi pada burung bisa dengan cara-cara ekstrim seperti mengurangi ekstra food atau EF pada burung. Efeknya burung bisa lebih anteng dan tenang tapi juga kicauannya akan berkurang karena memang birahinya menurun. Ada banyak vitamin atau dopping yang digunakan untuk burung agar burung bisa berkicau dengan waktu yang panjang.

Seperti love bird para kicau mania biasanya menggunakan vitamin burung untuk memberikan tingkat emosi serta birahi yang tinggi agar burung tetap berkicau dan memiliki durasi yang panjang. Karena efek-efek dari kandungan yang terdapat dalam sebotol vitamin yang mudah ditemui dipasaran tersebut.

Tapi kembali lagi jika birahi terlalu tinggi maka burung akan nabrak-nabrak saat di gantangkan. Lalu gimana caranya mengurangi efek dari birahi yang terlalu tinggi? Apakah perlu mengurangi EF atau menghentkan vitamin? Cukup dengan cara alami seperti menggunakan daun kemangi.

Baca Juga :
1. Voer untuk burung kicau
2. Penjual voer terpercaya Tokopedia

Lah kok bisa daun kemangi? Simak dulu manfaat daun kemangi :
1. Meningkatkan kekebalan tubuh
2. Mengatasi Kanker
3. Memperlancar aliran daran
4. Mengatasi panu, bau keringat, komedo, rambut beruban dan rontok
5. Mencerahkan kulit kusam, mengobati sariawan dan lainnya.
itu adalah manfaat yang dapat daun kemangi untuk manusia. Sejatinya tidak jauh beda jika diaplikasikan untuk burung seperti love bird, kacer, murai batu, kenari, cucak ijo, cucak rowo, anis merah dan pleci. Sebab burung-burung tersebut dengan manusia memiliki kesamaan yaitu sama-sama makhluk hidup.

Baca Juga :
1. Kandang umbaran bagi burung kicau
2. Kandang unik bagi burung
3. Ukuran kandang kenari

Cara menurunkan birahi burung secara alami

Cara menurunkan birahi burung secara alami berikut ini dengan menggunakan daun kemangi. Penyajian daun kemangi yang benar adalah sebagai berikut :
1. Tumbuk daun kemangi, beri air dan peras. Lalu berikan kepada burung. Karena baunya yang menyengat maka burung tidak akan suka, maka buatlah burung menjadi haus maka, mau tidak mau burung akan meminum air perasan tersebut.
2. Langsung diberikan. Caranya tidak jauh beda dengan nomor 1 yaitu dengan membuat burung merasa lapar sehingga burung mau tidak mau harus memakan daun kemangi tersebut. Bisa dilakukan saat burung dijemur. Tetapi wadah makan burung harus dikeluarkan dahulu dan yang ada hanya daun kemangi sehingga mau tidak mau burung harus makan daun kemangi itu.
3. Rebus daun kemangi. Air rebusan tersebut biarkan sampai dingin lalu berikan kepada burung sebagai ganti air minumnya. Dan tidak diberikan minum apapun selain air rebusan tersebut.

Itu adalah beberapa cara menurunkan birahi burung secara alami dan terapi menurukan birahi pada burung-burung kicau. Tetapi setelah birahi stabil segera hentikan terapi ini. Setelah terapi jangan berikan EF terlalu banyak dulu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *