Kacer Tipe Dingin dan Panas

Kacer adalah salah satu jenis burung kicauan yang banyak dimiliki kicau mania diseluruh nusantara. Tapi taukah kicau mania? Bahwa ada dua tipe dari burung kacer ini yaitu tipe kacer dingin dan tipe kacer panas jadi apa sih perbedaan dan cirinya? Lalu gimana perawatannya?

Tenang dulu omkuuu. Kita jelasin satu-satu deh, jadi gini om. Yang perlu diperhatikan sebagai hal yang mendasar adalah jika salah pilih jenis burung maka performa yang dihasilkan pun berbeda. Karena sudah kita ketahui bersama jika salah perawatan bisa mengakibatkan performa menurun. Jadi kicau mania semuanya harus memahami tipe burung masing-masing.

Baca Juga :
1. Voer Untuk Kacer
2. Penjual Voer Terpercaya Tokopedia

2 Tipe Burung Kacer :
  1. Burung Kacer Tipe Panas
    Burung kacer tipe ini memiliki tingkat birahi dan emosi yang tinggi. Karakter kacer panas yang pertama adalah Tidak Boleh Dijemur Terlalu Lama, karena burung sudah panas jika dijemur lama maka akan tambah panas.
    Yang kedua adalah Mandi Di Keramba.
    Yang ketiga Mudah ngos-ngosan karena mengeluarkan energi yang besar saat mengikuti event.
    Yang ke empat Sering naik turun tangkrigan, nabrak-nabrak sangkar, dan sering buka ekor jika diputarkan MP3.
  2. Burung Kacer Tipe Dingin
    Burung ini relatif tenang dan tidak mudah ngos-ngosan. Tapi tingkat emosi dan birahi rendah sehingga perlu dipancing dengan ulat hongkong atau extra food (EF) kesukaannya. Karena EF sangat berguna untuk meningkatkan birahi dan emosi si burung kacer. Karakter tipe dingin yang pertama adalah tahan terhadap sinar matahari, yah namanya juga burung dingin om kalo dikasih sinar matahari kan betah dan ngga mangap-mangap.
    Yang kedua, jarang mandi. Namanya juga dingin kalo mandi terus masuk angin dong om hehe
    Yang ketiga, jarang bunyi. Bahkan saat digantangan saja hanya bunyi dimenit-menit akhir karena memang emosi dan birahi tidak mudah panas dan butuh waktu untuk membuatnya panas. Bahkan saat bertemu dengan fighter lainnya burung kacer tipe ini tidak terlalu agresif dan cenderung tenang.

Baca Juga :
1. Ternak Love Bird
2. Tips Ganti kandang Agar Tidak Stress

Nah itu dia burung kacer dengan tipe kacer dingin dan kacer panas. Tentunya kedua tipe burung kacer ini baik dan bisa menjadi fighter sejati tergantung dengan cara perawatan dari kicau mania. Apakah tepat atau tidak, tentunya jika tidak tepat dapat menyebabkan burung mbagong yang akhirnya bisa menyebabkan burung stress dan tidak mau bunyi sama sekali.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *