Murai Gacor Jadi Diem?

Murai Gacor jadi diem setelah dibeli dan dibawa pulang? WAH AKU TERTIPU!!! Ehhh tapi tunggu dulu guys, masih ada yg perlu kicau mania semua tau nih, harus dan wajib banget ngerti soal hal ini. Yuk Simak!!

Sudah banyak ditemui kasus burung yang tadinya gacor setelah dibeli dan dibawa pulang ke rumah malah jadi diem serta diem tidak ada suara. Cuma diem dan ngga ada suara apapun. Jangan panik dulu dong kicau mania semua.

Baca Juga :
1. Kandang Umbaran Bagi Burung Kicau
2. Panjang Ekor Murai Batu

Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan saat membeli burung dan mengatasi burung yang diem setelah dibeli :
  1. Mandikan Burung
    Seperti manusia saja, biar badan segar harus dimandikan dulu. Jadi ketika burung sampai dirumah wajib dan harus dimandikan dulu agar burung lebih segar. Tapi kalau sudah sore, cukup di semprot embun saja biar ngga masuk angin.
  2. Anginkan
    Setelah burung di semprot selanjutnya adalah dianginkan sebentar agar burung kering dan tidak menimbulkan penyakit apapun. Setelahnya baru di krodong dan dikasih EF atau Extra food. Seperti jangkrik, ulat-ulatan dan lainnya.
  3. Pertemukan dengan murai lainnya
    Ini berguna untuk melatih mental agar burung cepat bangkit dan tidak stress. Bisa menggunakan murai batu fighter lainnya.
  4. Buat si Murai nyaman
    Hal yang bisa dilakukan seperti memberikan extra food atau hal apapun yang membuat burung menjadi nyaman dan tidak stress.
  5. Ganti Voer
    Hal lain yang perlu diperhatikan saat mengganti voer adalah tingkat kualitasnya. Kualitas tersebut di dapat dari bahan baku atau proses pembuatan Voer tersebut. Tentunya gunakan voer khusus burung. Jangan gunakan voer ayam atau bahkan lele.

    Baca Juga :
    1. Voer Berkualitas
    2. Penjual pakan burung lengkap dan terpercaya tokopedia
  6. Cari tau EF kesukaan
    Bisa dilakukan dengan memberikan seluruh EF dalam satu kandang. Seperti pramasan saja, agar burung bisa memilih dengan sendirinya. Nah jika sudah diketahui burung suka yang mana, bisa dilakukan dan bisa diberikan kembali.

Nah kurang lebih itu kicau mania yang harus dilakukan jika burung tiba-tiba diem padahal sebelumnya gacor. Jangan panik dan jangan berburuk sangka dulu. Sabar dan terus bereksperimen jangan lupa.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *