Cara ternak love bird bagi pemula

Ada banyak sekali burung dengan di nusantara dengan berbagai keunikannya. Mulai dari bentuk, suara hingga corak di tubuhnya. Salah satunya adalah love bird. Karena love bird memiliki bentuk yang mungil, suara khas dan corak tubuh serta warna-warni yang cantik sehingga banyak sekali orang yang berbondong-bondon untuk memelihara burung ini.

Dengan antusias masyarakat yang ingin memelihara burung love bird, maka ini bisa menjadi ladang usaha baru atau cara berwirausaha baru yaitu dengan membuat ternak love bird.

Berikut ini adalah hal-hal yang diperlukan untuk memulai berternak love bird :

  1. Kandang
    Baiknya kandang love bird terbuat dari kawat yang mudah didapatkan di berbagai toko serta perlengkapan burung. Untuk ukuran biasanya memiliki panjang 50cm, lebar 50cm dan tinggi 50cm. Kandang ini bertujuan untuk menjadi tempat bagi burung dan pasangannya untuk berkembang biak.

    Baca juga : Cara Merawat Burung Pleci
  2. Mencari Bibit
    Secara kasat mata jenis kelamin dari burung love bird tidak bisa dibedakan atau disebut kembar identik. Namun biasanya para peternak sudah jeli dalam memilih bibit burung yang berkualitas. Dan jika anda seorang pemula bisa dengan cara menyatukan dua burung dan dilihat perkembangannya sampai dua minggu, jika bertelur maka sudah dipastikan itu adalah jantan dan betina.
    Ada cara lain adalah dengan meraba bagian tulang belakang burung.

    Baca juga : Kandungan Lolohan terbaik untuk love bird
  3. Penjodohan
    Perlu diperhatikan tingkah laku dari sepasang burung ini, jika tidak ada tanda sebaiknya jangan dipaksakan karena mustahil jika keduanya tidak berjodoh tapi dipaksakan untuk berkembang biak.
  4. Pengeraman Telur
    Gunakan kandang kayu di dalam kandang besi dan berikan burung bahan berupa ranting-ranting kecil untuk membuat tempat mengerami.
  5. Perawatan Anakan
    Penetasan biasanya membutuhkan waktu 21 hingga 23 hari. Dan jika sudah masuk waktu penetasan burung membutuhkan 24 jam untuk melakukan proses tersebut. Dan setelah anakan menetas baiknya dipisahkan dari induknya.
  6. Meloloh
    Pelolohan bisa dilakukan hingga burung bisa makan sendiri. Jadwal dilakukan 4 jam sekali.

    Baca juga : Beli lolohan terbaik untuk anakan love bird

Itu adalah beberapa cara untuk ternak love bird. Ada banyak hal yang perlu dipelajari namun secara garis besar seperti itu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *