Mabung Pada Burung

Pada burung biasanya dikenal dengan istilah mabung atau dalam bahasa lain disebut dengan molting/moulting. Istilah lain yang biasanya dipakai kicau mania adalah ngurak, ambrol, nyulam. Hal ini tidak hanya terjadi pada burung, namun juga pada seluruh unggas lainnya seperti ayam. Umumnya bulu yang rontok adalah bulu yang sudah tua dan sudah lama.

Baca Juga : Cara Merawat Pleci

Mabung sendiri adalah agenda khusus yang akan terus berlangsung secara periodik atau dalam waktu tertentu setiap unggas pasti akan mengalami mabung. Pada umumnya mabung pada unggas terjadi setahun sekali. Namun pada beberapa burung, mabung pun terjadi 2x dalam satu tahunnya.

Ciri burung mabung adalah sebagai berikut :

  1. Bulu kusam dan tidak rapi atau terlihat jelek, rusak, dan berantakan.
  2. Tidak rajin berkicau.
  3. Tidak banyak bergerak dan lemas

Proses mabung sendiri akan berlangsung hingga burung benar-benar botak dan tidak menyisakan bulu tuanya. Sedangkan cara merawat burung yang sedang mabung adalah sebagai berikut :

  1. Berikan Ekstra fooding seperti kroto, ulat dan lainnya.
  2. Bersihkan kandang.
  3. Pengkrodongan.
  4. Voer yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan gizi.

    Baca Juga :
    Voer Berkualitas
    Beli Voer Terbaik
  5. Ganti air minum setiap hari dan diberikan multivitamin.

Pada saat mabung jika burung mengalami penurunan performa seperti terlihat lemas, tidak nafsu makan dan tidak sering bunyi adalah hal yang wajar. Namun yang perlu diperhatikan jika durasi mabung tidak kunjung usai.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *