Cara Mengatasi Tetelo Bagi Cucak Ijo

Dalam menangani tetelo diperlukan perhatian khusus, utamanya bagi burung cucak ijo. Cucak ijo adalah salah satu burung yang tersebar luas di Indonesia tanah air tercinta ini, diantaranya di Sumatra, Kalimatan, Natuna, Jawa dan Bali. Burung ini juga berada di daerah hutan dataran rendah. Atau dengan kata lain burung ini tersebar luas namun jarang ditemui.

Baca juga : Penjual pakan burung rekomended

Selain itu burung cucak ijo ini memiliki suara yang bagus dan bervariasi sehingga banyak orang yang menyukai dan merawatnya. Cucak ijo biasanya untuk menemani minum kopi karena suaranya yang menenangkan atau juga bisa juga diajak ikut kontes lomba burung. Tergantung dari keinginan si pemilik cucak ijo ini.

Baca Juga : Ternak Love Bird dari nol

Hal yang perlu diperhatikan adalah tentang kesehatan burung ini. Seperti penyakit tetelo yang akan kami ulas. Berikut ini penjelasan tentang tetelo.
Tetelo sendiri merupakan penyakit yang tergolong berbahaya karena dapat menyebabkan kematian bagi burung. Dan parahnya penyakit ini menyerang tanpa tanda-tanda bagi unggas seperti cucak ijo. Tetelo biasanya menyerang pada bagian sayap, kaki dan ada juga yang menyerang seluruh tubuh burung.

Penyebab penyakit tetelo adalah serangan virus pada burung. Dan yang patut digaris bawahi adalah, virus ini ada karena faktor kebersihan kandang yang kurang dijaga atau dengan kata lain kotor dan jarang dibersihkan oleh si pemilik burung.

Cara mengatasi tetelo bagi cucak ijo adalah sebagai berikut :

  1. Pertolongan Pertama adalah dengan menggunakan larutan air gula hangat.
  2. Gunakan obat anti saraf yang biasanya dijual di toko burung.
  3. Bisa juga dengan cara tradisional seperti menggunakan air remasan daun saga.
  4. Memberikan obat metabolisme kepada cucak ijo.
  5. Jangan dulu dimandikan.
  6. Menjaga kebersihan kandang.

Itu adalah beberapa cara mengatasi tetelo bagi cucak ijo. Pada umumnya penyakit tetelo ini sembuh dalam waktu yang tidak terlalu lama, tetapi harus diberikan perawatan rutin seperti diatas. Semoga artikel ini membantu kicau mania seluruhnya yang sedang mengalami kebingungan karena burung kesayangan mengalami tetelo

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *