Cara Membedakan Kelamin Cucak Ijo

Membedakan kelamin dari seekor burung bukanlah hal yang sulit bagi para kicau mania yang sudah berkecimpung di dunia burung dalam waktu yang lama. Namun bagi pemula yang ingin memulai belajar mengenal burung bisa jadi menjadi hal yang sulit.

Baca Juga : Cara mengatasi love bird macet bunyi

Berikut ini kami memberikan gambaran tentang perbedaan mendasar dari sebuah burung, khususnya cucak ijo.

Lingkar mata
Membedakan cucak ijo jantan dan betina dewasa lebih mudah daripada anakan. Dengan melihat lingkar matanya sudah terlihat jelas bagaimana perbedaannya. Simak gambar dibawah ini

Pupil Mata.
Cara membedakannya adalah dengan si betina biasanya terlihat hitam kecoklatan sedangkan jantan terlihat hitam. Dalam melihat pupil mata burung tidak perlu terlalu tergesa-gesa agar mendapatkan kesimpulan yang akurat dan tidak asal-asalan.

Paruh Bawah.
Cara membedakan kelamin cucak ijo yang selanjutnya adalah dengan melihat paruh dari burung tersebut. Untuk jantan terlihat gelap dan betina terlihat putih.

Baca Juga : Pakan Burung Terbaik untuk lomba atau harian

Leher.
Dengan melihat leher adalah cara paling mudah. Ketika burung berusia 4 sampai 6 bulan, pada betina terlihat leher berwarna kuning dan berangsur-angsur menjadi hijau. Sedangkan untuk jantan warna kuning tersebut akan menjadi hitam.

Tes DNA.
Yang terakhir dari cara membedakan kelamin cucak ijo adalah salah satu jalan dengan keakuratan hingga 99%.

Nah kurang lebih itu perbedaan yang mendasar pada burung cucak ijo. Sebelum membeli biasakan untuk banyak membaca agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *