Kandang Terbaik Untuk Kenari

Untuk memastikan kenari nyaman dengan tempat tinggalnya maka dibutuhkan kandang yang pas untuk burung tersebut. Kandang terbaik untuk kenari terbuat dari bahan kayu, triplek maupun bambu namun, dibeberapa peternak biasanya menggunakan kawat karena lebih awet. Jenis serta ukuran kandang harus diperhatikan agar burung dapat berkembang sebagaimana mestinya jika tidak di dukung dengan lingkungan yang baik.

Tidak ada patokan baku untuk menentukan kandang terbaik untuk kenari namun biasanya para peternak maupun penghobi kenari menggunakan bentuk segi empat dan ukurannya pun tidak terlalu besar. Misal ukuran yang umumnya digunakan adalah panjang 55cm, lebar 40cm, dan tinggi 40cm. Jika menggunakan kawat biasanya menggunakan kawat strimin atau kawat ayam agar tidak mudah melukai burung kenari.

baca juga :

  1. Pakan terbaik untuk burung lomba
  2. Cara merawat pleci
  3. Pakan burung berkualitas

Peternak pada umumnya memilih warna putih agar burung kenari dapat dengan mudah menemukan makanannya dan dapat lebih leluasa bergerak dengan ukuran kandang tersebut. Serta mendukung warna burung kenari yang memiliki warna mencolok sehingga bisa lebih kontras.

hal lain yang perlu diperhatikan adalah tenggeran atau ranting yang biasanya ada di setiap kandang. Ukurannya tidak harus besar-besar misalnya 1 hingga 1.5cm dan tidak banyak hanya cukup gunakan satu atau dua saja sudah cukup.

Selanjutnya adalah tempat berkembang biak. Seperti tempat telur dair anyaman rotan atau lainnya. Selain itu butuh juga penerangan agar burung kenari merasa nyaman dan agar tidak ada binatang melata yang hadir.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *