Cara Merawat Burung Pleci

Cara merawat burung pleci terbilang sangat mudah sehingga tidak heran banyak orang yang senang memeliharanya. Selain sebagai peliharaan, burung pleci juga memiliki suara yang bagus untuk bermain di lomba burung kicau dan bukan sebuah rahasia umum lagi juga seekor burung sudah memenangkan berbagai kontes burung maka harganya pun akan naik.

Tetapi yang perlu diperhatikan adalah cara merawat tidak bisa sembarangan karena dapat menyebabkan kematian. Sama seperti hewan pada umumnya jika kita sembarangan merawatnya maka hal yang tidak diinginkan pun dapat terjadi.

Hal yang perlu diperhatikan dalam merawat burung pleci :

  1. Memandikan : Saat matahari pagi muncul adalah saat yang terbaik untuk memandikan burung kesayangan. Cara memandikannya pun mudah hanya perlu di semprot saja hingga basah. Semprotan boleh dicampur dengan sabun anti bakteri. ini adalah cara agar terhindar dari penyakit karena bakteri.
  2. Dijemur : setelah memandikan burung pleci, langkah selanjutnya adalah menjemur. Namun proses menjemur hanya di waktu jam 8 hingga 10 pagi saja, agar kehangatannya pas bagi burung pleci.
  3. Pengembunan : bisa dilakukan di jam 5 hingga 6 pagi. Ini dilakukan agar burung pleci memiliki kualitas suara yang bagus.
  4. Pemberian Pakan : Pakan burung pleci pun bisa dari sayur-sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Baca juga pakan burung untuk lomba atau harian
  5. Ekstra Fooding : ekstra fooding untuk cara merawat burung pleci bisa diberikan kroto, jangkrik, belalang maupun ulat dan lainnya
  6. Kebersihan : Kebersihan adalah hal yang mutlak dibutuhkan agar seluruh cara merawat burung pleci bisa terlaksana dan hasil yang diharapkan pun sesuai.
  7. Masteran : sangat diperlukan agar mental burung dapat terlatih dengan baik. Berikut ini adalah contoh masteran yang bisa digunakan (kacer)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *